Statistik untuk Skala Mikro

Apa sajakah manfaat statistik untuk skala mikro?
Manfaat statistik dalam skala makro, InsyaAllah sudah pada tahu, contohnya untuk menghitung pertumbuhan ekonomi, melihat perkembangan penduduk, melihat potensi pertanian, dan sebagai pendukung keputusan skala mikro lainnya. Serta banyak lagi manfaat lainnya.

Sedangkan untuk skala mikro bagaimana pemanfaatannya?
Berikut contoh kasus sederhana skala mikro dalam kehidupan sehari-hari.
Pagi ini, 5 Februari 2018 jam 09.00 saya mencuci pakaian dengan harapan bisa kering hari ini, karena besok pakaian itu akan digunakan untuk pergi ke kampus. Prakiraan berdasarkan perasaan saya saja hari ini cuaca sepertinya akan panas. Setelah selesai mencuci pakaian saya jemur di penjemuran kos. Ternyata setelah empat jam berlalu, hujan pun turun. Pupuslah harapan saya pakaian akan kering hari ini. Inilah akibat membuat keputusan tanpa statistik.
Statistik apakah yang seharusnya dapat digunakan? Tentunya “perkiraan cuaca”, yang merupakan perkiraan resmi dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika). Dapat dipastikan angka ini sudah melalui penghitungan metode-metode statistik yang rumit dan terpercaya. Agar lebih jelasnya mari kita lihat perkiraan cuaca hari ini dari BMKG untuk wilayah Bandung…





Berdasarkan prakiraan cuaca tiga hari ke depan ini, ternyata Jawa Barat selalu berpotensi Hujan Lebat.
Waduhhhh, bisa nggak kering-kering ni cucian…
Makanya bro n sis, sebelum nyuci lihat statistik alias prakiraan cuaca dulu.

Inilah contoh sederhana penggunaan statistik untuk skala mikro.
Punya conto pengalaman yang lain?
Silahkan berbagi juga pengalaman brother n sister!....



Komentar

Postingan Populer